Bupati Siak Dorong Pihak Swasta Budidaya Ikan Gabus Di Lahan Gambut

Bupati Siak Alfedri dorong pihak swasta untuk melakukan budidaya Ikan Gabus di lahan gambut saat mengisi webinar dengan tema Siak Hijau (Dok/Inddoaktif/Adv)

Indonesiainteraktif.com, Siak - Bupati Siak Alfedri dorong pihak swasta untuk melakukan budidaya Ikan Gabus di lahan gambut saat mengisi webinar dengan tema Siak Hijau.

“Pemerintah Kabupaten Siak mendorong pihak swasta untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam melakukan budidaya di alam gambut secara baik dengan tetap menjaga lingkungan dan kebasahan gambut, seperti budidaya ikan gabus di bidang peternakan, dan juga budidaya nenas di bidang pertanian,” kata Alfedri, Kamis (23/06/2022).

Hal ini sejalan dengan potensi alam di Kabupaten Siak berupa kawasan tanah gambut dengan luas 57% dari total keseluruhan wilayah Kabupaten Siak. Kawasan gambut ini, patut mendapatkan perhatian dan konsentrasi tepat, demi memaksimalkan potensi yang ada.

Alfedri menjelaskan budidaya Ikan Gabus di Kabupaten Siak dapat dikembangkan dengan baik, dilihat dari produksi albumin Ikan Gabus sudah berhasil di produksi langsung di Kabupaten Siak oleh asosiasi swasta Alam Siak Lestari.

“Saat ini, sudah ada asosiasi swasta di Kabupaten Siak yang melakukan budidaya Ikan Gabus. Adapun budidaya Ikan Gabus ini dilakukan dengan mengolahnya menjadi albumin yang kemudian dimanfaatkan dan dapat diproduksi langsung di Kabupaten Siak,” kata Alfedri.

Alfedri menambahkan, dalam memproduksi albumin, asosiasi tersebut, menjalin kerjasama dengan pemerintahan kampung setempat dengan membeli ikan gabus dari umkm daerah, dan dengan adanya produksi albumin ini, diharapkan mampu membuka lapangan kerja baru di Kabupaten Siak. (Infotorial)