DPMPTSPTK Kabupaten Kuantan Singingi Siap Berkontribusi Dalam Pembangunan Daerah

Foto : Kepala Dinas DPMPTSPTK Kabupaten Kuantan Singingi, Mardansyah, S.Sos, MM (Adv/Tr)

 

Indonesiainteraktif.com, Kuantan Singingi - Memenuhi kebutuhan akan organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengurusi tentang tenaga kerja maka Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi akan segera membentuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Hal tersebut juga dilakukan untuk mendukung pembangunan daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

Selama ini masalah ketenaga kerjaan berada di bawah Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Kuantan Singingi. Karena permasalahan tenaga kerja ini menjadi begitu penting terutama dalam mengatasi pengangguran apalagi terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi covid 19. Peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sangat dibutuhkan. 

Pembentukan Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi secara teknik dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam hal ini di bawah pimpinan Mardansyah, S.Sos, MM.

 

Foto : Kantor DP
Foto : Kantor Dinas DPMPTSPTK Kabupaten Kuantan Singingi

“OPD yang baru yang selama ini berada di bawah naungan DPMPTSPTK Kabupaten Kuantan Singingi adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dinas ini dibentuk dengan klasifikasi C berdasarkan kedekatan fungsi urusan serta besaran kerja,” jelas Mardansyah Kepala Dinas DPMPTSPTK Kabupaten Kuantan Singingi, saat diwawancarai Selasa (14/09/2021).

“Tugas OPD ini adalah mengurus masalah tenaga kerja dan transmigrasi,” tambahnya.

Seperti saat ini mengacu pada peraturan pemerintah (PP) nomor 5 dan nomor 6 Tahun 2021. Kedua PP tersebut membahas penanaman modal dan perizinan berusaha.

“Dalam PP ini ditegaskan bahwa DPMPTSP dibentuk untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi urusan pemerintah di bidang penanaman modal, tidak merempun dan tidak dirumpunkan dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah lainnya. Artinya DPMPTSP itu harus berdiri sendiri,” demikian Mardansyah. (Adv/Tr)