Irwasda Polda Bengkulu Kirim Tim Ke Kaur, Tindak Lanjuti Dugaan Penembakan di Ruang Staf Bupati Kaur

Itwasda Polda Bengkulu Kombes Pol Asep Teddy Nurassyah Kirim Tim ke Kaur Tindak Lanjuti Kasus Penembakan di Ruang Bupati Kaur (Dok/S1001/Deden)

 

Presisi

Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang diciptakan untuk membentuk Transparansi dan Handling Complain (Pengaduan) bagi masyarakat dapat terealisasi (Dok/Google)



Indonesiainteraktif.com, Kaur - Untuk mendapatkan titik terang mengenai dugaan penembakan terhadap LS (pegawai honorer Pemkab Kaur), Tim Investigator Indonesiainteraktif.com telah berkoordinasi langsung dengan beberapa pejabat kepolisian dilingkungan Polres Kaur dan Polda Bengkulu

Pada hari Selasa, jam 14.30 WIB (21/9/2021) Tim Investigator Indonesiainteraktif.com telah berkoordinasi langsung dengan Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S.I.K, M.H. Selanjutnya pada hari Kamis sekitar jam 09.15 WIB (23/9/2021) Tim Investigator Indonesiainteraktif.com telah pula menemui Kepala Bidang Propam Polda Bengkulu Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi, S.H., S.I.K. Selanjutnya ada pada hari Senin, jam 9.00 WIB (28/9/2021), Tim Investigator media siber Indonesiainteraktif.com telah mendatangi ruang kerja Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, S.H., MH. Karena Kombes Pol Sudarno tidak berada ditempat (dinas luar)  akhirnya Tim Investigator menemui Itwasda Polda Bengkulu Kombes Pol Asep Teddy Nurassyah, S.I.K., M.M.

Dalam pertemuan tersebut, Itwasda Polda Bengkulu Kombes. Pol. Asep Teddy Nurrasyah, S.I.K., M.M., menjelaskan bahwa terkait kabar adanya peristiwa meletusnya senjata api di Kantor Bupati Kaur yang mengakibatkan adanya korban, pihaknya sudah menurunkan tim ke Kabupaten Kaur.

“Iya, kita sudah menurunkan Tim yang terdiri dari Itwasda, Propam dan Wasidik secara bersamaan ke Kabupaten Kaur pada hari Jum’at (24/9/2021). Sekarang mereka belum kembali, belum lapor ke saya kembali,” kata Kombes Pol Asep Teddy.

“Tim yang kita kirim ke Kabupaten Kaur untuk melakukan cross check dilapangan terkait bagaimana kejadian tersebut sebenarnya. Upaya Penyelidikan Internal ini belum dapat kami sampaikan hasilnya karena masih berproses, pun jika telah ada hasil maka nanti akan dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Bengkulu,” kata Itwasda yang ramah wartawan ini

“Sekarang Polri sedang menggalakkan Dumas Presisi, Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) untuk mewujudkan bentuk transparansi dan untuk mempermudah penyampaian pengaduan dan pelaporan terhadap kinerja anggota Polri,” lanjut mantan Dirpamovid Polda Jatim tersebut.

“Yakinlah bahwa proses yang sedang berjalan ini akan berimbang dan mengedepankan prinsip keadilan. Jika dugaan ada kesalahan SOP dari anggota Polri yang bertugas tentu kami akan lakukan penegakan yang terukur sesuai ketentuan Internal Polri dan Ketentuan Pidana Umum,” pungkas Kombes. Pol. Asep Teddy Nurrasyah.

Dipihak lain ahli hukum dari Universitas Bengkulu Prof. Dr. Herlambang, S.H., M.H memberikan tanggapan mengenai dugaan tertembaknya LS seorang honorer Pemkab Kaur.

“Polda Bengkulu harus terbuka mengenai dugaan tertembaknya LS akibat senjata api di ruang staf Bupati, Kantor Bupati Kaur. Ini untuk menunjukkan profesionalisme dan untuk menjaga kepercayaan publik. Apa yang terjadi pada korban harus dijelaskan, apakah luka ringan, luka berat atau mungkin meninggal dunia. Karena penanganannya berbeda dan sanksi hukumnya pun berbeda pula,” kata Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Bengkulu ini.

“Juga terhadap pelaku, harus diperiksa untuk membuktikan apa yang dilakukannya sehingga menyebabkan timbulnya korban karena hal ini berhubungan dengan sanksi hukum yang akan diberikan, agar cita-cita Kapolri Jenderal Pol  Listyo Sigit Prabowo dalam penegakan hukum yaitu Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang diciptakan untuk membentuk Transparansi dan Handling Complain (Pengaduan) bagi masyarakat dapat terealisasi,” pungkas Prof. Herlambang. 

Informasi yang didapatkan Tim Investigator Indonesiainteraktif.com, bahwa besok Selasa (28/9/2021), Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Drs. Guntur Setyanto, M.Si, akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kaur. Semoga setelah kepulangan beliau dari Kabupaten Kaur besok kasus tertembaknya pegawai honorer LS ini bisa terang benderang. (S1001)