Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Buka Penerimaan PPPK Jalur Umum Di Tahun 2024

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu tahun 2024 ini akan melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Bengkulu, Sabtu (23/03/24) (Photo : Arista)

IndonesiaInteraktif.com, Bengkulu -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu tahun 2024 ini akan melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Bengkulu, Sabtu (23/03/24).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Muhammad Abdu, MM., mengatakan, ditahun 2024 ini akan membuka penerimaan PPPK untuk jalur umum. dengan dibukanya jalur umum ini, artinya juga memberikan peluang bagi para fresh graduate atau masyarakat Bengkulu yang baru tamat kuliah.

"Di tahun 2024 ini juga akan dilakukan pengangkatan yang umum. Artinya, bisa diikuti oleh yang bukan honorer termasuk fresh graduate," ucapnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan penjelasan terkait seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemprov Bengkulu 2024. Mengingat adanya potensi pembengkakan belanja pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mencapai 41,2 persen.

"Tapi ya tidak bisa tidak, karena kebutuhan pegawai juga gak mungkin gak gajian. Ini kan seperti kanibal, kalau ini dibesarkan berarti ada yang diperkecil," pungkas Rohidin. 

Para honorer yang sudah terdata dalam data base Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, juga sudah kita laporkan semua. Termasuk honorer-honorer Kemenag yang ada diseluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

"Itulah yang akhirnya menjadi penentuan formasi yang ada di Provinsi Bengkulu ini. Informasi formasi tersebut hanya melalui PPPK," lanjutnya

Untuk sistem perekrutan antara PPPK umum dan honorer akan ditentukan dengan batas umur.

"Kalau dia sebentar lagi mau pensiun diusia 60 tahun, ya tetap boleh ikut. Karena dia melalui jalur honorer. Kalau umum dia sama seperti tes CPNS, dibatasi umur," pungkasnya.

Berdasarkan sosialisasi yang sudah kami ikuti bahwa di Kemenag ditahun ini akan ada 3 gelombang penerimaan sesuai dengan keinginan pihaknya agar tenaga honorer bisa diakomodasi. Untuk pengusulannya nanti menunggu instruksinya terlebih dahulu.

"Sehingga tidak ada tenaga honorer di lingkungan Kemenag Provinsi Bengkulu. Hal tersebut juga sesuai dengan instruksi MenPAN RB. Ini kan dibuat 3 gelombang penerimaan. Mudah-mudahan semuanya bisa selesai dan diangkat semua yang honorer. Kita akomodasi atau kita beri peluang untuk ikut seleksi PPPK di tahun ini," tutupnya.

Penulis : Arista

Editor : Adv. Rindu Gita Tanzia Pinem, S.H., M.H. CPM