Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Hukum

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad, S.H., M.H., dikukuhkan sebaga Guru Besar bidang Ilmu Hukum Tata Negara Universitas Pakuan, Bogor, Kamis (1/12/2022). (Foto : Herry Susanto).


 

Kkk

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri pengukuhan Ketua Harian DPP Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI  Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad, S.H., M.H., sebaga Guru Besar bidang Ilmu Hukum Tata Negara Universitas Pakuan, Bogor, Kamis (1/12/2022). (Foto : Herry Susanto).
 

Indonesiainteraktif.com, Bogor --  Ketua Harian DPP Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad, S.H., M.H., dikukuhkan sebaga Guru Besar (Profesor) bidang Ilmu Hukum Tata Negara  dari Universitas Pakuan, Bogor, pada Kamis (1/12/2022). 

Sebagai Profesor bidang Ilmu Hukum, Sufmi Dasco menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Pemilu Demokratis dan Bermartabat Dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat.”

“Karena demikian pentingnya pelaksanaan pemilihan umum yang demokrasi dan bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indoneasia Tahun 1945, terutama dalam pasal  23 E, Pasal 22 E ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil setiap lima tahun sekali,” kata Sufmi Dasco.

Lanjut Sufmi Dasco, “Adalah suatu kenyataan pada hampir semua negara di dunia saat ini untuk menyelenggatakan pemilu untuk memilih Kepala Pemerintahan, Anggota Parlemen sebagai usaha mendapatkan mandat secara konstitusional dari rakyat untuk menjalankan pemerintahan. Pemilu merupakan mekanisme utama dan prasyarat bagi demokrasi perwakilan dalam upaya mendapatkan pemilu yang jujur dan adil serta beradap,” kata Sufmi Dasco.

Orasi lengkap Sufmi Dasco Ahmad kami lampirkan dalam laman berita ini pada bagian bawah.

 

KETUA UMUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO MENGHADIRI PENGUKUHAN PROFESOR SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI GURU BESAR ILMU HUKUM HUKUM TATA NEGARA

 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara pengukuhan guru besar Profesor bidang ilmu hukum terhadap Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat kepada Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang hari ini, Kamis (1/12/2022) menerima pengukuhan Guru Besar (Profesor)!bidang Ilmu Hukum dari Universitas Pakuan.

Menurut Prabowo, meskipun dirinya Ketua Umum Partai Gerindra, tetapi tidak menganggap Dasco sebagai bawahannya.

"Kita dalam kehidupan bermasyarakat, kalau kita berjuang bersama, tidak ada atasan dan bawahan," kata Prabowo saat memberikan kata sambutan dalam acara pengukuhan guru besar Dasco, di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat, Kamis.

Prabowo mengatakan hal tersebut karena merasa diajarkan saat masih menjadi prajurit tentara. Prabowo mengaku, sudah diajarkan mengenai tidak adanya senioritas sejak di dunia militer.

"Hari pertama saya di tentara, kita sudah diajarkan oleh pembina kita bahwa kalian ini sudah menjadi kawan seperjuangan," ujar Prabowo.

Dari hal itu, dia mengaku belajar bahwa jika perjuangan dilakukan bersama, maka semua menjadi kawan seperjuangan.

Menurut dia, kawan seperjuangan itu tidak melihat posisi entah di baris depan atau belakang.

"Siapa tahu yang di paling belakang itulah nanti yang akan berbuat besar untuk bangsa dan negara ini," kata Prabowo.

"Pengalaman saya di tentara, kadang-kadang seorang kopral, dialah yang bisa menyelamatkan pasukan, menyelematkan pertempuran, mengangkat kehormatan bangsa. Seorang prajurit rendah dia yang menyelamatkan bangsa dan negara," lanjut Prabowo.

Prabowo menganggap Sufmi Dasco Ahmad sebagai seorang sahabat, sehingga ia mengaku senang atas gelar Profesor yang telah diraih Sufmi Dasco. (HSU/HRX)

 

Editor : Dr. Ir. H. Herawansyah, S.Ars., M.Sc., MT., IAI.

 

GALLERY PHOTO :

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad, S.H., M.H., dikukuhkan sebaga Guru Besar bidang Ilmu Hukum Tata Negara Universitas Pakuan, Bogor, Kamis (1/12/2022). (Foto : Herry Susanto).
 

Aa


 

Aa

 

Aa

 

Aaa