Single Brand : Tidak Kena Biaya, Pertamina Tukar Tabung Biru Elpiji 12 Kg Dengan Bright Gas

Single Brand : Tidak Kena Biaya, Pertamina Tukar Tabung Biru Elpiji 12 Kg Dengan Bright Gas


Indonesiainteraktif.com - Pada bulan Oktober 2020,  Pertamina (Persero) berencana untuk memberlakukan satu merek dagang (single  brand) untuk produk LPG 12 kg. Saat ini Pertamina memiliki dua merek dagang produk LPG 12 kg, yakni LPG tabung biru dan Bright Gas tabung pink.

Vice President Corporate Communication PT. Pertamina (Persero), Fajriyah Usman menjelaskan bahwa untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dan untuk mempermudah strategi distribusi melalui penerapan ‘single brand’,  Pertamina hanya akan menggunakan Bright Gas 12 kg.

"Perubahan ini merupakan salah satu upaya Pertamina dalam meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, terutama terkait kebutuhan gas rumah tangga mengingat produk bright gas memang lebih baik dari LPG tabung biru," kata Fajriyah Sabtu (17/10/2020).

Penggantian tabung LPG dari tabung biru ke Bright Gas ini dilakukan secara bertahap dan tidak dikenakan biaya tambahan. 

“Tidak ada biaya (tambahan). Malah tabung Bright Gas relatif lebih baru dan juga ada double valve. Isi ulang dan sebagainya sama harganya," jelas Fahriyah.

Dengan begitu, masyarakat yang masih memiliki LPG tabung biru, setelah kosong dapat diisi ulang langsung dapat dengan Bright Gas.

Dalam penggunaan produk ‘single brand’ LPG 12 kg Bright Gas, PT. Pertamina (Persero) telah mengeluarkan surat  Nomor 1736/Q24030/2020-S3 tertanggal 31 Mei 2020 mengenai Produk Tunggal Gas 12 kg.

Fajriyah menjelaskan, tidak ada perbedaan yang berarti dari kedua jenis tabung LPG ini. Keduanya memiliki harga, dimensi, dan isi yang sama. Sementara perbedaannya hanya pada tampilan saja, khususnya warna.

"Secara umum,  kedua produk ini sama, baik dari spesifikasi dan dimensi tabung, isi LPG dan harga. Perbedaan teknisnya hanya dari sisi warna dan tampilan tabung. Harga Bright Gas juga sama dengan harga LPG (tabung biru), dan bahkan dilengkapi dengan valve double spindle sehingga lebih aman mencegah kebocoran," kata Fajriyah.

Kebijakan penggantian tabung LPG 12 kg dengan Bright Gas akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

"Ya, akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Namun prakteknya bertahap. Kalau di rumah masih ada yang tabung biru, ya dihabiskan dulu. Nanti kalau mau isi ulang, baru akan diganti ke Bright Gas," ujar Fajriyah.

 

(II/KBJak/KB)