Husni Merza Sebut Ponpes Ujung Tombak Bentengi Generasi Muda dari Hal Negatif

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat menghadiri peringatan hari lahir pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon ke-4 yang berlangsung di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Furqon, Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak (Dok/Indoaktif/Adv)

Indonesiainteraktif.com, Siak - Wakil Bupati Siak Husni Merza menyebutkan bahwa pondok pesantren (Ponpes) merupakan ujung tombak membentengi generasi muda dari hal negatif.

Hal itu disampaikan Husni Merza saat menghadiri peringatan hari lahir pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon ke-4 yang berlangsung di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Furqon, Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Jum'at (24/06/2022).

Acara itu juga di hadiri Gubernur Riau Syamsuar dan tokoh masyarakat Harlah Ponpes Tahfizh Nurul Furqan, pada kesempatan itu juga dilaksanakan wisuda Amtsilatut Tasrifiyah dan Peresmian Gedung Belajar Baru.

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan pemimpin Siak terdahulu, berharap di setiap kecamatan berdiri satu pondok pesantren.

"Alhamdulillah, saat ini di Kabupaten Siak terdapat 46 Pondok Pesantren yang tersebar di setiap kecamatan. Sehingga jumlah pondok pesantren yang ada melebihi dari kecamatan yang ada di kabupaten Siak ini,” ungkapnya.

Ini merupakan cita-cita Bupati Syamsuar bersama Wakil Bupati Alfedri kala itu, yang menginginkan minimal di setiap kecamatan ada satu pesantren. Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Nahdiyin ikut mendorong banyak berdiri nya pondok pesantren oleh Keluarga Besar Nahdlotul Ulama. 

”Mudah-mudahan perannya ini bisa terus dilakukan sehingga dapat membantu tercapainya visi Kabupaten Siak dalam bidang keagamaan karena kita ingin Kabupaten Siak, meneruskan apa yang telah dicanangkan oleh pak Syamsuar yakni kabupaten yang masyarakatnya agamis,” imbuhnya. 

Lanjut Wabup, Selain dari Budaya Melayu adalah Religiusitas, keberagamaan Agamis lah yang harus dipertahankan sehingga menjadikan Kabupaten Siak ini kabupaten yang amanah, sejahtera, lestari dalam lingkungan masyarakat agamis dan berbudaya melayu. "Keberadaan Tahfidz Nurul Furqon ini menjadi salah satu tonggak, pilar untuk menuju tercapainya keinginan kita bersama,” urainya.

Ia juga mengucapkan selamat dan tahniah atas Harlah pesantren ke-IV Lil Ikhtam Amstilatut Tashrifiyah Madin dan Peresmian Gedung belajar santri pondok pesanten Tahfidz Nurul Furqon.

”Tahniah atas wisudawan pertama para Hafizh dan Hafizhoh. Semoga kedepan Pesantren ini semakin diminati  dan menunjukkan kiprahnya dalam ikut serta membina akhlak yang baik, membina peradaban islam kedepan," ucapnya.

Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan selamat Hari Lahir dan Wisuda Angkatan Pertama kepada Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon yang saat ini memasuki usia yang ke-4 tahun. Ia berharap Pondok Pesantren ini dapat menjadi salah satu pusat pendidikan agama islam di Kabupaten Siak Provinsi Riau. 

"Kami mengucapkan selamat kepada anak-anak kami yang telah wisuda dan kepada anak-anak yang barangkali dalam proses belajar, mari tingkatkan terus proses belajar," ujar Gubri. 

Dijelaskan Gubri bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen menyiapkan generasi muda agar menjadi entrepreneur dan cinta kepada al-Quran. Dukungan tersebut diberikan melalui pelaksanaan program seperti beasiswa di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ), Pembangunan Quran Center Riau dan lainnya. (Infotorial)