Kapolres RL Ucapkan Selamat Hari Lahir PMI

Kapolres Rejang Lebong AKBP. Puji Prayitno, S. Ik Ucapkan Selamat Hari Lahir PMI (Dok/Indoaktif/Tr)

Indonesiainteraktif.com, Rejang Lebong - Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati hari lahirnya. Ucapan selamat diberikan Kapolres Rejang Lebong AKBP. Puji Prayitno, S. Ik melalui laman instagram Polres Rejang Lebong.

“Selamat Memperingati Hari Palang Merah Indonesia. PMI terus berjuang untuk kemanusiaan, jangan pernah berhenti untuk kebaikan, sebab masih banyak nyawa yang harus terselamatkan,” ucapnya, Jum’at (17/09/2021).

PMI bersama Kepolisian sejak lama tidak dapat dipisahkan. Berbagai banyak program donor darah digelar untuk kepentingan masyarakat. Selain itu tak jarang masyarakat yang meninginkan darah meminta langsung petugas Polsek, Polres maupun Polda Bengkulu.

Sejarah singkat Palang Merah Indonesia (PMI). PMI sebenarnya sudah ada sejak masa sebelum Perang Dunia Ke-II. Saat itu, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 1873 Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai), yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Pada 2018, PMI menjadi organisasi kemanusiaan yang berstatus badan hukum, diundangkan dengan Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan guna menjalankan kegiatan Kepalangmerahan sesuai dengan Konvensi Jenewa Tahun 1949. (Indoaktif/Tr)