Komisi II DPRD Provinsi Melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Balai Benih Ikan (BBI) di BBI Sentral, BBI BL 7 dan BBI BL 9 di Kecamatan Padang jaya Bengkulu Utara

Komisi II DPRD Provinsi Melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Balai Benih Ikan (BBI) di BBI Sentral, BBI BL 7 dan BBI BL 9 di Kecamatan Padang jaya Bengkulu Utara, Rabu 31 Mei 2023 (Foto : Daddy)

IndonesiaInteraktif.com - Komisi II DPRD Provinsi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Balai Benih Ikan (BBI) di BBI Sentral, BBI BL 7 dan BBI BL 9 di kecamatan Padang jaya Bengkulu Utara, Rabu (31/5/2023).

Dari kunjungan tersebut ketua Komisi II DPRD Jonaidi SP mengatakan dari 45 kolam yang ada 15 kolam tidak dapat berfungsi dikarenakan bocor.

“Berdasarkan hasil diskusi dari pengelola BBI hanya mampu menghasilkan PAD 46 juta satu tahun. Penyebabnya bukan hanya karena infrastrukturnya lagi tadi di sumber daya manusia yang mengelola juga,” ujar Jonaidi

Dikatakannya, DPRD akan mendorong pemerintah provinsi untuk memaksimalkan potensi ini dan untuk melakukan perbaikan infrastruktur dan SDMnya. BBI berpotensi menyumbang PAD ketika di kelola dengan baik.

“BBI ini kan sudah terbukti mampu memproduksi berbagai jenis ikan mulai dari Nila, Mas, Koi dan Lele baik itu bibit ataupun untuk konsumsi,” jelas Jonaidi.

Senada dengan ketua komisi II, Usin Sembiring yang turut mendampingi juga meminta kepada pengelola untuk dapat bekerja sama dengan siapapun untuk dapat memberikan hasil.

“Harapannya pengelola jangan berpangku tangan terhadap pemerintah saja, mulai lah menjalin kemitraan dengan masyarakat ataupun pengusaha,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada pengelola untuk menyusun program prioritas yang diajukan kepada dinas terkait dan ditembuskan ke komisi II. Hal ini dilakukan untuk dapat mencukupi kebutuhan ikan air tawar di provinsi ini.

 “Kami melihat banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan disini. Ini juga bisa jadi program ketahanan pangan dan penurunan stunting,” pungkasnya. (Adv)