MAN 1 Mukomuko berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

MAN 1 Mukomuko berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hari ini, Kamis (7/12/23) bertempat di MAN 1 Mukomuko Pemerintah Provinsi Bengkulu menyerahkan penghargaan Adiwiyata Nasional yang mewakili Provinsi Bengkulu (Photo : Arista)

IndonesiaInteraktif.com, Bengkulu -- MAN 1 Mukomuko berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hari ini, Kamis (7/12/23) bertempat di MAN 1 Mukomuko Pemerintah Provinsi Bengkulu menyerahkan penghargaan Adiwiyata Nasional yang mewakili Provinsi Bengkulu.

Adiwiyata Nasional 2023 diberikan bagi sekolah yang berhasil menerapkan program Adiwiyata secara konsisten dan berhasil melaksanakan semua program yang direkomendasikan. MAN 1 Mukomuko berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam hal ini diwakili oleh Kabid II DLHK Provinsi Bengkulu,Yanmar Hamadi mengatakan, keberhasilan yang diraih oleh MAN 1 Mukomuko ini harus dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di  Provinsi Bengkulu. Ia menyebutkan bahwa program Adiwiyata merupakan upaya untuk mengembangkan kesadaran lingkungan di kalangan pelajar. Ia berharap program ini bisa menjadi bagian dari upaya melestarikan lingkungan hidup di Provinsi Bengkulu.

Dalam laporannya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK menyampaikan jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu. Sekolah Adiwiyata Nasional meningkat sekitar 36,7 % dan Sekolah Adiwiyata Mandiri naik 42,5 %. Oleh karena itu, keberhasilan MAN 1 Mukomuko patut diapresiasi,”ucap Yanma Hamadi.

Lebih lanjut, Yanmar Hamadi mejelaskan prestasi MAN 1 Mukomuko dalam Program Adiwiyata melalui proses yang panjang dari mulai Adiwiyata tingkat Kabupaten, Provinsi dan sampai tingkat nasional ini semua butuh waktu dan pengorbanan yang tidak main-main. Sebagai Madrasah MAN 1 Mukomuko sudah membuktikan Madrasah mampu bersaing dalam hal inovasi dan prestasi

“Ucapan terima kasih untuk MAN 1 Mukomuko yang sudah mengharumkan nama Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko dalam program Adiwiyata Nasional tahun 2023,”ungkapnya 


Masih dalam kesempatan yang sama Kepala MAN 1 Mukomuko, Hj. Nursyamsiah . M.Pd mengatakan, penghargaan Adiwiyata Nasional ini tidak hanya menjadi dorongan bagi MAN 1 Mukomuko namun juga sebagai bukti bahwa upaya yang mereka lakukan selama ini telah berhasil. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berkomitmen dalam menjalankan program Adiwiyata di MAN 1 Mukomuko

Acara serah terima penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 berlangsung dengan sederhana di MAN 1 Mukomuko. Meskipun begitu, momen tersebut sangat penting bagi masyarakat di Mukomuko dan Bengkulu pada umumnya. Semoga prestasi yang diraih oleh MAN 1 Mukomuko bisa memberikan inspirasi untuk pengembangan program lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, DLHK Provinsi Bengkulu, Kepala MAN 1 beserta staf dan dewan guru, Pengawas Madrasah, Forkopincam Ipuh serta pihak tiga Sekolah Binaan  MAN 1 Mukomuko dan undangan lainnya.

Diketahui dalam kesempatan kegiatan tersebut, MAN 1 Mukomuko mendapatkan uang pembinaan serta  tiga sekolah binaannya mendapatkan bantuan bibit buah, tong sampah organik dan non-organik serta baju olahraga.

Penulis : Arista

Editor : Adv. Rindu Gita Tanzia Pinem, S.H., M.H. CPM