SMPN 2 Kota Bengkulu gelar P5 dan Pekan Raya, Pj Walikota: Serasa Keliling Indonesia

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Bengkulu gelar Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pekan Raya, di halaman SMPN 2 Kota Bengkulu, Rabu (21/02/2024) (Photo : Annisa)

 

IndonesiaInteraktif.com, Bengkulu -- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Bengkulu gelar Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pekan Raya, di halaman SMPN 2 Kota Bengkulu, Rabu (21/02/2024).

Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Ir. Arif Gunadi M.Si., didampingin Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Eka Rika Rino, Asisten I, Eko Agusrianto, Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya (Dikbud) Kota Bengkulu, A. Gunawan dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Joni Haryadi, menghadiri acara P5 dan Pekan Raya yang digelar oleh SMPN 2 Kota Bengkulu.

Pj Sekda Kota Bengkulu membuka langsung acara P5 dan Pekan Raya ini di karenakan Pj Walikota belum tiba di SMPN 2 Kota Bengkulu, dalam sambutannya Eka mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh SMPN 2 ini karena telah menanamkan nilai-nilai pancasila dan kebhinekaan dalam diri siswa-siswi serta ia juga mengapresiasi stand-stand dari bermacam daerah.

"Saya sangat apresiasi kegiatan ini, karena ini memiliki tema yang merupakan gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal dan kebhinekaan, saya juga melihat disini banyak sekali tanaman-tanaman jadi kami ingin mengingatkan dan menghimbau untuk lebih banyak menanam cabai karena cabai kita lagi mahal, dan juga untuk menekan inflasi," ucap Eka saat sambutan.

Eka juga mengatakan jika Pemerintah kota (Pemkot) Bengkulu akan selalu mendukung dan mendamping Bapak/Ibu dan Siswa-siswi dan berharap kegiatan ini akan terus dilanjutkan.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Bengkulu, Mala Hartati, M.Pd., menjelaskan kegiatan yang memiliki salah satu tema tentang kearifan lokal itu adalah siswa memameran masakan dan makanan tradisional asli Indonesia, yang mana setiap stand menjual makanan atau masakan tradisional khas beberapa provinsi di Indonesia seperti Provinsi Bengkulu, Aceh, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak belajar untuk mengenali makanan dari berbagai macam masakan tradisional, selain itu mereka juga menggunakan pakaian adat nusantara dan lagu daerah serta tariannya," kata Mala.

Sementara saat siswa-siswa menampilkan lagu daerah dan tarian daerah, Pj Walikota hadir dan mengunjungi stand-stand yang menjual berbagai makanan khas nusantara untuk mencicip dan membelinya.

“Padahal cuma datang ke SMPN 2 tetapi serasa seperti sedang keliling Indonesia karena bisa mencicipi makanan tradisional dari berbagai provinsi,” kata Arif saat distand Jawa Timur.

Penulis : Annisa Putri Khafifa, S.Pd

Editor : Adv. Rindu Gita Tanzia Pinem, S.H., M.H CPM