Keberatan Saksi Diabaikan, Kuasa Hukum Gusril-Medi Gugat KPU Kaur ke MK

A

 

Indonesiainteraktif.com – Kuasa Hukum Gusri Pausil – Medi Yuliardi (GM) mendaftarkan gugatan hasil pilkada Kaur, yang di plenokan KPU Kaur Rabu (16/12/2020) ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum’at (18/12/2020). Gugatan ke MK tersebut karena banyaknya keberatan saksi yang disampaikan pada saat pleno ditingkat PPK dan KPU diabaikan oleh KPU Kaur.

Gugatan yang disampaikan oleh
Tim GM ke MK adalah agar MK membatalkan keputusan KPU
Kaur Nomor 190/PL.02.6-Kpt1704/
KPU-kab/XII tentang Penetapan
Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara.

Saat dikonfirmasi kepada tim kuasa hukum GM, Mudarwan Yusuf membenarkan kalau pihaknya telah mendaftarkan gugatan hasil pilkada Kaur ke MK.

“Banyaknya keberatan yang disampaikan oleh saksi kita tidak diakomodir oleh KPU
Kaur saat rapat pleno baik ditingkat PPK maupun KPU, maka kitapun menempuh jalur yang lebih tinggi lagi yaitu ke MK,” jelas Mudarwan.

Menurut Mudarwan, banyak terjadi kejanggalan dalam pilkada Kaur tahun ini,  seperti absen pemilih yang  hadir di TPS saat pemungutan suara.

Mudarwan berharap, agar MK dapat menindaklanjuti gugatan yang disampaikan, sehingga semua keberatan yang mereka sampaikan di pleno KPU Kaur bisa diterima oleh MK.

“Jika ada kejanggalan kami meminta agar MK dapat mengakomodir gugatan yang kami sampaikan ke MK,” tambah Mudarwan.

Ketua KPU Kaur Meixxsy Rismanto mengakui telah mendapatkan informasi gugatan yang disampaikan oleh tim GM ke MK terkait hasil perhitungan suara, bahkan pihaknya tidak mempersoalkan gugatan tersebut.

“Gugatan tersebut hal yang biasa dalam
setiap pilkada, untuk selanjutnya kita akan tunggu hasil dari MK,” jelas Meixxsy Rismanto.

Untuk diketahui, hasil pleno KPU Kaur perolehan suara paslon 01 Gusril-Medi sebanyak 37.148 suara, kemudian paslon
02 Lismidianto-Herlian Muhrim mendapatkan 40.792 suara.

Jumlah suara sah adalah 77.940 suara dan suara tidak sah sebanyak 1.284 suara, hingga total suara yang memilih di Pilkada Kaur sebanyak 79.224 suara dari total DPT
sebanyak 88.990. (rilis)


 

 

Iklan 1 (3:1)

Indonesiainteraktif.com