Breaking News !!! Karena Faktor Kesehatan, Shinzo Abe Mengundurkan Diri Sebagai Perdana Menteri Jepang

Karena Faktor Kesehatan, Shinzo Abe Mengundurkan Diri Sebagai Perdana Menteri Jepang

Shinzo Abe - Perdana Menteri Jepang
 

Indonesiainteraktif.com - Setelah dalam beberapa bulan terakhir ini sering terlihat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, Shinzo Abe mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Jepang. Shinzo Abe merupakan Perdana Menteri dengan masa jabatan terlama dalam Pemerintahan Jepang.

“Alasannya mundur juga karena faktor kesehatan”, demikian laporan Kyodo, Jumat (28/8/2020).

Shinzo Abe pernah menjadi perdana menteri Jepang pada tahun 2007, kemudian mundur karena alasan kesehatan. Selanjutnya Abe  kembali menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang dari tahun 2012 hingga 2020.

Pada awal bulan agustus ini, terdengar kabar  bahwa Shinzo Abe muntah darah. Namun pihak kantor PM dalam pers releasenua  menyampaikan  kondisi Abe baik-baik saja.

Selama berkuasa sebagai Perdana Menteri, Shinzo Abe terkenal dengan kebijakan ekonomi yang disebut Abenomics. Kebijakan itu bertujuan memperkuat pertumbuhan ekonomi serta reformasi struktural.

Tahun 2019 lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sempat menggelar pertemuan bilateral sengan Presiden Joko Widod. Pertemuan dilakukan di sela-sela KTT ke-35 ASEAN yang dihelat di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, pada Senin (4/11/2019).

Sebagai Perdana Menteri, Shinzo Abe memecahkan rekor sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Jepang. Totalnya mencapai 2.798 hari. Rekor terlama  sebelumnya dipegang oleh PM Eisaku Sato yang berkuasa pada tahun 1964 sampai tahun 1972

Isu kondisi kesehatan yang memburuk bukan kali pertama pernah menimpa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kamis (27/8/2020), Abe sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya yang menurun.

Dikutip dari Japan Today, Selasa (18/8/2020) Shinzo Abe pernah mengundurkan diri lantaran kolitis ulserativa kronisnya yang menimpanya pada tahun 2007.

Kondisi ini ia alami sekitar 13 bulan setelah masa jabatan pertamanya dan membuat ia harus kehilangan posisi sebagai Perdana Menteri Jepang.

Kolitis ulserativa adalah penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan.

Pada hari Senin (17/8/2020). Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dikabarkan mendatangi rumah sakit. Dilansir dari Kyodo, Abe datang ke RS Universitas Keio di Tokyo pada pukul 10.30 pagi. 

Belakangan ini, muncul rumor terkait kesehatan Shinzo Abe. Majalah mingguan Jepang sempat melaporkan bahwa PM Abe muntah darah.

(II/Hy)