Cegah Penyebaran Covid-19, Polri dan Nakes Laksanakan Contact Tracking

Polsek Manna bersama dengan Puskesmas Kota Manna melaksanakan contact Tracing Kasus Covid – 19 (Dok/Indoaktif/ii-001)

Indonesiainteraktif.com, Bengkulu Selatan - Polsek Manna Polres Bengkulu Selatan bersama dengan Puskesmas Kota Manna melaksanakan contact Tracing Kasus Covid – 19 diwilayah Kota Manna dan sekitarnya, Sabtu (27/11/2021).

Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu AKBP Juda Trisno Tampubolon, S.IK., S.H., M.H., melalui Kasi Humas Polres Bengkulu Selatan AKP Sumardi, mengatakan Contact tracing dilaksanakan dirumah pasien MS (51) yang sebelumnya pada tanggal 26 November 2021 yang lalu tes Rapid Antigen menunjukkan hasil positif.

Menindaklanjuti hak tersebut petugas nakes dan Polri bekerja sama untuk melakukan giat contact tracing covid-19.
Dalam kegiatan ini tim tenaga kesehatan Puskesmas Kota Manna melakukan tes Rapid antigen kepada 3 orang keluarga pasien, dan hasilnya menunjukkan negatif Covid-19.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk proses identifikasi, evaluasi serta manajemen kepada pasien yang telah terpapar virus Covid-19, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.
Proses ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi sekelompok orang yang telah terpapar virus selama 14 hari ke belakang.

“Setelah mengetahui salah satu warga ada yang tepapar covid-19 personil polri bersama dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kota Manna langsung melakukan contact tracing terdahap keluarga pasien sebanyak 3 orang. Syukurlah hasil tes Rapid antigen ketiganya menunjukkan hasil negatif. Kendati hal demikian keluarga pasien dan seluruh masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menerapkan gerakan 5M, agar rantai penyebaran virus Covid-19 di Kota Manna terputus,” pungkasnya. (Indoaktif/ii-001)