Ungkap Sabu 258 Kilogram Jaringan Internasional, Modus Menggunakan Karung hingga Transaksi di Rumah Sakit

Konferensi Pers Tersangka

Indonesiainteraktif.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membeberkan modus operandi pengungkapan narkotika jenis sabu sebanyak 258 kilogram lebih.

“Modus operandi yang dilakukan adalah menyamarkan dalam bentuk teh. Ini adalah biasanya dari Malaysia, China kemudian ini adalah jaringan internasional yang masuk ke Indonesia baik itu melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada pelabuhan-pelabuhan tikus biasanya melalui Pekanbaru dari Malaysia,” kata Kombes Yusri di Polres Metro Depok, Depok, Selasa (9/2/2021).

“Malaysia sampai Pekanbaru sangat dekat, nanti kalau barang tersebut sampai ke Indonesia baru lewat darat,” sambungnya.

Kombes Yusri menuturkan jika nantinya barang tersebut sudah sampai di Indonesia kemudian para tersangka melakukan aksi transaksi dengan masuk ke dalam rumah sakit.

“Memang yang mereka gunakan transaksinya ada di parkiran rumah sakit. Modus di dalam itu pada saat mobil masuk ke rumah sakit itu barang-barang di dalam karung,” ucap Yusri.

“Selain itu, para pelaku juga sudah menyiapkan koper-koper kosong, jadi tinggal menunggu instruksi untuk dimasukkan ke dalam koper kosong, nanti ada yang jemput kurir itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Tim Satresnarkoba Polres Metro Depok berhasil mengungkap peredaran narkotika dengan barang bukti sebanyak 258 kilogram sabu.

Pengungkapan itu berhasil diungkap setelah tim berhasil pengungkapan di Padang dan Pekanbaru, Riau.